Minum Kopi Pengaruhi Mood: Bisa Kurangi Depresi? Ternyata Begini Penjelasannya Berdasarkan Ahli

- Sabtu, 13 Agustus 2022 | 16:05 WIB
Ilustrasi seseorang yang merasa depresi. Selain bisa kurangi risiko kanker, kopi juga anti-depressan. (UNSPLASH/(@candice_picard))
Ilustrasi seseorang yang merasa depresi. Selain bisa kurangi risiko kanker, kopi juga anti-depressan. (UNSPLASH/(@candice_picard))

Jatimnetwork.com - Ada beberapa penelitian yang sangat menarik di luar sana tentang kopi dan depresi.

Ternyata kopi sebenarnya bisa menjadi faktor pelindung terhadap depresi dan bahkan berkorelasi dengan pengurangan bunuh diri.

Kopi, yang paling sering dikaitkan dengan kebiasaan tidak sehat, dikeluarkan dari daftar makanan karsinogenik WHO pada tahun 2016, sebuah langkah yang agak langka.

Baca Juga: Orang yang Punya Eksim dan Psoriasis Beresiko Terkena Cacar Monyet? Begini Penjelasannya...

WHO bahkan melaporkan bahwa kopi dapat melindungi terhadap kanker rahim dan hati.

Dilansir JatimNetwork.com dari berbagai sumber, beberapa organisasi lain seperti Dana Penelitian Kanker Dunia dan Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS, juga telah menyatakan bahwa konsumsi kopi dalam jumlah sedang dapat melindungi dari berbagai bentuk kanker.

Selalu penting untuk diingat bahwa setiap tubuh kita bereaksi secara berbeda terhadap lingkungan, keadaan, atau zat yang berbeda, dan ada banyak variabel yang berperan, jadi tidak ada yang 100% tetapi itu adalah indikator yang baik pasti!

Baca Juga: 4 Makanan Minuman yang Sebaiknya Dihindari saat Sedang PMS, Salah Satunya Kopi?

Ketika dikaitkan dengan penyembuhan depresi, ditemukan bahwa mungkin bukan hanya kafein yang berperan, karena ada komponen lain yang berpengaruh dalam kopi.

Halaman:

Editor: Delvi Alpha Faliha

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X