Cara agar Nasi Tidak Cepat Basi, Terutama Nasi yang Dimasak Menggunakan Rice Cooker, Begini Caranya

- Selasa, 27 September 2022 | 18:25 WIB
Ilustrasi cara agar nasi tidak cepat basi. (Pexels/Huy Phan)
Ilustrasi cara agar nasi tidak cepat basi. (Pexels/Huy Phan)

JatimNetwork.com - Nasi merupakan salah satu makanan pokok yang biasa tersedia di rumah. Ada beberapa cara untuk menanak nasi, baik itu menggunakan cara tradisional maupun dengan menggunaka rice cooker atau mesin penanak nasi.

Beberapa alat penanak nasi tidak memiliki sistem penghangan nasi. Sehingga penting untuk segera menghabiskan nasi agar tidak menjadi basi. Selain itu, beberapa nasi yang dimasak menggunakan mesin penanak nasi ini dapat cepat basi.

Faktor lainnya yang membuat nasi cepat basi juga adalah suhu ruangan atau tempat penyimpanan nasi menyerap banyak udara. Ini membuat nasi cepat kering atau juga membuatnya menjadi lembek.

Baca Juga: Resep Nasi Bakar Ayam Kemangi, Wangi, Gurih dan Bikin Nagih by Chef Devina Hermawan

Adapun beberapa cara agar nasi tidak cepat basi, lalu, abagaimana sajakah caranya?

Dirankum JatimNetwork.com dari berbagai sumber, berikut inia dalah beberapa cara agar nasi tidak cepat basi. Terutama nasi yang dimasak dalam rice cooker.

1. Nasi yang selesai dimasak menjadi lembab, bahkan dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri jika dibiarkan pada suhu kamar selama lebih dari dua jam. Jadi, setelah nasi matang dalam rice cooker, pindahkan nasi dalam wadah dan biarkan dingin.

Baca Juga: Resep Nasi Bakar Ayam Kemangi Ala Devina Hermawan Bisa Untuk Ide Jualan, Wangi Gurih Bikin Nagih!

2. Siapkan beberapa wadah yang diperlukan untuk mendinginkan nasi. Terutama wadah yang membuatnya tidak kering dan tidak dihinggapi serangga.

Halaman:

Editor: Dharma Anggara

Sumber: Berbagai Artikel

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X