Menyedihkan! Begini Kisah Dibalik Lagu Hymne Guru: Pencipta Tak Pernah Jadi PNS, Honor Hanya Rp 60 Ribu

- Jumat, 25 November 2022 | 08:28 WIB
Ilustrasi kisah menyedihkan dan mengharukan dibalik lagu Hymne Guru. (PIXABAY)
Ilustrasi kisah menyedihkan dan mengharukan dibalik lagu Hymne Guru. (PIXABAY)

JatimNetwork.com – Hari ini, 25 November 2022, seluruh warga Indonesia tengah menyambut Peringatan Hari Guru Nasional 2022.

Hari Guru Nasional diperingati setiap tahunnya berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 78 Tahun 1994 dan bertepatan dengan HUT PGRI.

Peringatan Hari Guru Nasional diperingati sebagai bentuk penghargaan terhadap para pendidik bangsa karena mereka adalah pahlawan tanpa tanda jasa.

Baca Juga: Twibbon Hari Guru Nasional ke 77 25 November 2022, Desain Menarik untuk Foto Profil

Berkaitan dengan Hari Guru Nasional, ada satu lagu yang sangat melegenda dan biasaa dinyanyikan para pelajar di sekolah. Lagu ini berjudul ‘Hymne Guru’.

Biasanya, lagu Hymne Guru dinyanyikan saat memperingati Hari Guru Nasional, setelah upacara Hari Pendidikan Nasional, hingga menjelang perpisahan sekolah.

Ada banyak makna didalamnya. Namun siapa sangka, ada kisah pilu nan mengharukan dibalik lagu tersebut. Lagu ini diciptakan seorang pensiunan guru bernama Sartono.

Dilansir JatimNetwork.com dari Buku Kisah-kisah Mengharukan, Sartono merupakan warga Madiun, Jawa Timur yang lahir pada tanggal 29 Mei 1936.

Baca Juga: 15 Link Twibbon Hari Guru Nasional 2022, Desain Terbaru dan Cantik, Rayakan Secara Meriah Hari Ini di Medsos!

Halaman:

Editor: Bagus Satria Perdana P.

Sumber: Buku Kisah-kisah Mengharukan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X