12 Pantangan Hari yang Dilarang Melangsungkan Pernikahan dalam Primbon Jawa Kuno

- Selasa, 28 Juni 2022 | 13:00 WIB
12 Pantangan Hari yang Dilarang Melangsungkan Pernikahan dalam Primbon Jawa Kuno. (Pixabay/Epajic)
12 Pantangan Hari yang Dilarang Melangsungkan Pernikahan dalam Primbon Jawa Kuno. (Pixabay/Epajic)

 

JatimNetwork.com - Dalam kitab primbon Jawa apabila seseorang akan melangsungkan acara atau hajat pernikahan seringkali ditentukan hari apa yang baik untuk melangsungkan acaranya.

Khususnya bagi masyarakat Jawa yang masih sering menggunakan perhitungan neptu pada masing-masing mempelai yang akan melangsungkan hari pernikahan.

Sebenarnya bukan hanya pernikahan yang memiliki perhitungan dalam hal ini, dalam pertama kali memulai usaha, ingin membangun atau merenovasi rumah pun juga perlu dihitung dalam primbon Jawa kuno.

Baca Juga: Armand Zachary Sukandar Kerja Apa? Ini Biodata dan Profil Suami Adinda Azani: Umur, Pendidikan, Pekerjaan, IG

Tetapi pada kali ini penjelasan lebih spesifik dalam acara pernikahan, konon menikah pada hari-hari yang sudah ditentukan juga akan membawa keberkahan dan keberlangsungan kebaikan dalam membina rumah tangga sakinah dan rahmah.

Dan di dalam kitab Qurotul Uyun pun menyatakan hal yang serupa, ada beberapa hari yang dilarang dan dinilai kurang baik jika melakukan acara pernikahan.

Oleh karenanya dilansir JatimNetwork.com dari Youtube Esa Production, terdapat 12 hari pantangan yang dilarang untuk melangsungkan acara pernikahan diantaranya:

Baca Juga: 5 Hero Counter Akai Hyper Jungler Mobile Legends, 100 Persen Ampuh

Halaman:

Editor: Selly Kurniawan

Sumber: youtube Esa Production

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X