Moderna Disebut Belum Memenuhi Kriteria sebagai Booster Vaksin Covid-19, Begini Kata FDA Amerika Serikat

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 09:30 WIB
Moderna Disebut Belum Memenuhi Kriteria sebagai Booster Vaksin Covid-19, Begini Kata FDA Amerika Serikat. (Unsplash.com/Mufid Majnun)
Moderna Disebut Belum Memenuhi Kriteria sebagai Booster Vaksin Covid-19, Begini Kata FDA Amerika Serikat. (Unsplash.com/Mufid Majnun)

JatimNetwork.com - Ilmuwan di Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) Amerika Serikat mengatakan bahwa Moderna Inc belum memenuhi semua kriteria untuk mendukung penggunaan dosis penguat vaksin Covid-19.

Sebabnya kemungkinan besar karena kemanjuran dua dosis pertama suntikan dengan vaksin Moderna tetap kuat.

Dilansir JatimNetwork.com dari Al Arabiya, staf FDA mengatakan dalam dokumen bahwa data untuk vaksin Moderna menunjukkan booster memang meningkatkan antibodi pelindung.

Baca Juga: Bacaan Doa Iftitah Lengkap Beserta Arab, Latin dan Artinya dalam Bahasa Indonesia

Namun perbedaan tingkat antibodi sebelum dan sesudah suntikan tidak cukup lebar, terutama pada kalangan yang memiliki kadar antibodi tetap tinggi.

Dokumen-dokumen tersebut dirilis menjelang pertemuan akhir pekan ini dari penasihat ahli luar FDA untuk membahas dosis booster vaksin.

Panel penasihat Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) akan bertemu pekan depan untuk membahas rekomendasi spesifik tentang siapa yang dapat menerima booster, jika FDA mengizinkan.

Baca Juga: Tata Cara dan Bacaan Niat Mandi Wajib Setelah Haid Bahasa Arab, Latin, dan Artinya Sesuai Kaidah Fikih

“Ada peningkatan, tentu saja. Apakah itu cukup meningkatkan? Siapa tahu? Tidak ada jumlah standar peningkatan yang diketahui diperlukan, dan juga tidak jelas berapa banyak peningkatan yang terjadi dalam penelitian ini,” kata seorang profesor mikrobiologi dan imunologi di Weill Cornell Medical College di New York, John Moore, dalam sebuah email.

Halaman:

Editor: Selly Kurniawan

Sumber: Al Arabiya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X