Pabriknya Coklat, Jawa Timur Diisukan 'Usir' Banyuwangi Karena Pemekaran ke Provinsi Baru? Wacana atau Fakta?

- Senin, 23 Januari 2023 | 19:45 WIB
Ilustrasi Banyuwangi yang jadi penghasil coklat terbesar, justru terancam pindah dari Provinsi Jawa Timur karena pemekaran (Pixabay.com/@feiern)
Ilustrasi Banyuwangi yang jadi penghasil coklat terbesar, justru terancam pindah dari Provinsi Jawa Timur karena pemekaran (Pixabay.com/@feiern)

JatimNetwork.com - Banyuwangi adalah penghasil coklat terbesar di Jawa Timur, namun diisukan pindah provinsi karena pemekaran.

Berdasarkan isu yang beredar, Provinsi Jawa Timur akan 'mengusir' Banyuwangi yang menjadi surganya coklat ini karena dampak pemekaran.

Hasil pertanian dan perkebunan Banyuwangi termasuk coklat adalah salah satu yang terbaik di Jawa Timur, namun justru terancam berpisah karena isu pemekaran.

Baca Juga: WARGANYA RAJIN NABUNG? Inilah 3 Desa Terbaik Pengelola Keuangan di Jember Jawa Timur, Desa Sebelah Mana?

Lantas, provinsi manakah yang akan menjadi 'rumah' bagi Banyuwangi sang pabrik coklat, setelah lepas dari Jawa Timur karena pemekaran?.

Dilansir JatimNetwork.com dari berbagai sumber, Banyuwangi diisukan akan pindah ke provinsi baru hasil pemekaran Jawa Timur.

Sebagai informasi dari laman BPS Jawa Timur, produksi coklat Banyuwangi adalah yang terbanyak di Jatim.

Baca Juga: WARGA MALANG JANGAN KAGET! Ini 7 Daerah dengan Pengeluaran per Kapita Tertinggi di Jawa Timur, Madiun Masuk?

Pada 2021, hasil panen coklat di Bumi Blambangan ini mencapai 8.180 ton unggul jauh dibanding posisi kedua yang ditempati Blitar dengan total panen 3.259 ton.

Namun belakangan isu pemekaran Jawa Timur mencuat, dan menyebut Banyuwangi akan pindah ke provinsi baru.

Halaman:

Editor: Ninik Kurnia

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X