IKUTI SURABAYA, Jember dan Kediri Diisukan Jadi Ibu Kota Provinsi Baru di Jawa Timur Karena Pemekaran?

- Rabu, 25 Januari 2023 | 14:18 WIB
Ilustrasi Jember dan Kediri yang diisukan susul Surabaya jadi ibu kota di provinsi baru di Jawa Timur akibat pemekaran (Pixabay.com/@lijunzhuang)
Ilustrasi Jember dan Kediri yang diisukan susul Surabaya jadi ibu kota di provinsi baru di Jawa Timur akibat pemekaran (Pixabay.com/@lijunzhuang)

JatimNetwork.com - Status Surabaya sebagai Ibu Kota Jawa Timur, disebutkan bakal disusul oleh Jember dan Kediri sebagai 'pentolan' provinsi baru dampak pemekaran.

Jember dan Kediri diisukan menyusul Surabaya menjadi ibu kota di dua provinsi baru di Jawa Timur, jika pemekaran benar terjadi.

Setelah mencuat isu pemekaran Jawa Timur, Jember dan Kediri disebut akan mengikuti Surabaya menjadi ibu kota di dua provinsi baru yang muncul akibat pemekaran.

Baca Juga: Uripe Ayem! Ini 3 Daerah Tersepi di Surabaya, Bebas dari Nyinyiran Tetangga?

Lantas, provinsi manakah yang akan diisukan muncul di Jawa Timur akibat pemekaran dan menjadi 'rumah' baru bagi Jember dan Kediri, hingga disebut susul Surabaya jadi ibu kota?.

Dilansir JatimNetwork.com dari berbagai sumber, menurut isu yang beredar Jawa Timur akan dipecah menjadi empat provinsi jika pemekaran benar terjadi.

Provinsi pertama adalah Mataraman atay Jawa Selatan, yang mencakup sebanyak 12 daerah termasuk 1 ibu kota.

Baca Juga: JAWA TIMUR BERCECERAN! SURABAYA dan 5 Kawasan Lain Bangun Provinsi Baru, Wacana atau Fakta?

Daerah tersebut adalah, Kabupaten Ngawi, Magetan, Pacitan, Ponorogo, Trenggalek, Madiun, Nganjuk, Kediri, Blitar, Kota Madiun, Kota Blitar, dan Kota Kediri yang diisukan jadi ibu kota provinsi.

Kemudian ada Provinsi Blambangan yang mencakup 7 daerah, Kabupaten Jember diisukan menjadi ibu kota di wilayah ini.

Halaman:

Editor: Ninik Kurnia

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X