Bukan Lumajang, Ibu Kota Jawa Timur Sempat Pindah di 11 Tempat Ini, Ada yang Bisa Tebak?

- Rabu, 25 Januari 2023 | 20:08 WIB
Ibu Kota Jawa Timur pindah, pasca 10 November 1945 ibukota Jatim sempat pindah, bukan Lumajang, tapi di wilayah-wilayah kecil Ini, coba tebak.  (jatim.bpk.go.id)
Ibu Kota Jawa Timur pindah, pasca 10 November 1945 ibukota Jatim sempat pindah, bukan Lumajang, tapi di wilayah-wilayah kecil Ini, coba tebak. (jatim.bpk.go.id)

 

JatimNetwork.com – Selain pemekaran di Provinsi Jawa Timur Isu yang ramai di perbincangkan di wilayah ini adalah pemindahan Ibu Kota Provinsi.

Pemindahan ibu kota Jatim bukan tanpa alasan lantaran banyak hal yang disampaikan oleh pakar mengenai Surabaya yang sudah tidak layak untuk menjadi ibu kota provinsi.

Kawasan-kawasan yang diisukan menjadi ibu kota provinsi pun cukup banyak pilihannya lantaran tidak sedikit pejabat daerah yang juga menyambut baik wacana itu.

Baca Juga: Jumlah Kasus Penularan Campak di Madura Jadi yang Terbanyak di Jawa Timur, Kenali Gejala dan Pencegahannya

Salah satunya Bupati Kabupaten Malang, M Sanusi yang pada suatu kesempatan pernah mendengar Gubernur Khofifah Indar Parawansa yang sempat mengungkapkan wacana itu.

Menurut Sanusi kala itu Gubernur Perempuan di Jawa Timur pertama sempat mengungkapkan jika bisa jadi, ibu kota provinsi Jawa Timur pindah dari Surabaya ke Kabupaten Malang.

Namun perpindahan ibu kota Jawa Timur bukanlah muncul saat ini saja, lantaran sebelumnya Jawa Timur sempat memindah ibukotanya sebanyak 11 kali.

Baca Juga: MADURA Keluar dari JAWA TIMUR Bikin Provinsi Sendiri? Inilah Wilayah yang Diisukan Pecah dari Jatim

Halaman:

Editor: Antis Sholihatul Mardhiyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X