Jangan Terbiasa Begadang, Ustadz Khalid Basalamah Sebut Nabi Muhammad Mengajarkan Tidur Selepas Isya

- Rabu, 26 Januari 2022 | 16:48 WIB
Ustadz Khalid Basalamah (tangkap layar YouTube Khalid Basalamah)
Ustadz Khalid Basalamah (tangkap layar YouTube Khalid Basalamah)

JatimNetwork.com- Begadang atau tidur sampai larut malam diketahui tidak baik bagi kesehatan, selain memang bukan seperti kebiasaan Nabi Muhammad, maka ada baiknya untuk tidak terlalu sering melakukannya.

Dijelaskan oleh ustadz Khalid Basalamah, begadang boleh dilakukan jika memenuhi syarat syar’i, salah satu yang dicontohkan Nabi Muhammad yakni untuk berdiskusi memecahkan masalah umat.

Dalam ceramahnya juga ustadz Khalid Basalamah mengungkapkan jam tidur Nabi Muhammad yang biasa dilakukan adalah selepas Isya. 

Baca Juga: Transkrip Khutbah Jumat Singkat: Amalan di Bulan Ramadhan Sesuai Sunnah

Dilansir oleh JatimNetwork.com dari kanal YouTube Menambah Iman yang diunggah pada 18 Januari 2022,

“Kita dianjurkan sekali untuk tidak menerlambatkan waktu tidur selepas isya kecuali dalam keadaan darurat,” ujar ustadz Khalid Basalamah.

Jadi tidak ada yang namanya begadang sampai larut mala. Diketahui bahwa hal tersebut tidak ada dalam syariat kecuali keadaan darurat. “Misalnya lagi memecahkan perkara umat,” kata ustadz Khalid Basalamah.

Baca Juga: 4 Zodiak Ini Disebut Akan Menjadi Pacar Terbaik, Akan Menemani dalam Suka Maupun Duka

“Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam dengan para sahabat kadang-kadang terpaksa begadang selepas isya itu dikarenakan ada perkara yang harus dipecahkan.

Halaman:

Editor: Ninik Kurnia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X