Materi Khutbah Jumat Tentang 'Al-Quran Adalah Obat'

- Sabtu, 5 Maret 2022 | 20:00 WIB
Materi Khutbah Jumat Tentang 'Al-Quran Adalah Obat' ( Pexels.com/Ali Burhan)
Materi Khutbah Jumat Tentang 'Al-Quran Adalah Obat' ( Pexels.com/Ali Burhan)

JatimNetwork.com - Artikel ini membagikan materi khutbah jumat berisikan tentang 'Al-Quran Adalah Obat'.

Berbicara tentang Al-Qur'an sebagai obat penyembuh, tentunya erat kaitannya dengan penyakit tertentu.

Jika ditelaah beberapa ayat dalam Al-Qur'an dan hadits Nabi tentang penyakit dan obatnya, maka dapat diartikan dalam beberapa hal, apa saja?

Baca Juga: Materi Khutbah Jumat Tentang 'Memanusiakan Pekerja'

Berikut penjelasannya pada naskah materi khutbah jumat tentang 'Al-Quran Adalah Obat' yang dilansir JatimNetwork.com dari SuaraMuhammadiyah.id

اْلحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَرْسَلَ رَسُوْلَهُ بِالْهُدَى وَدِيْنِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّيْنِ كُلِّهِ وَكَفَى بِاللَّهِ شَهِيْدًا أَشْهَدُ أَنْ لاَإِلهَ إِلاَّاللَّهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ، أَمَّا بَعْدُ: فَيَا عِبَادَ اللَّهِ أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللَّهِ وَقَالَ اللَّهُ تَعَالَى فِيْ كِتَابِهِ الْكَرِيْمِ: يَآأَيُّهَا الَّذِيْنَ ءَامَنُوْا اتَّقُوْا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ، وَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: اِتَّقِ اللَّهَ حَيْثُمَا كُنْتَ وَأَتْبِعِ السَّيِّئَةَ الْحَسَنَةَ تَمْحُهَا وَخَالِقِ النَّاسَ بِخُلُقٍ حَسَنٍ.

Hadirin Jama’ah jum’ah rahimakumullah

Dalam khutbah jum’at ini marilah kita bersyukur kepada Allah SWT atas segala nikmat dan karunianya sehingga kita dapat melaksanakan jama’ah shalat jum’at. Dan marilah kita tingkatkan pula kuwalitas iman dan taqwa kita kepada Allah SWT agar kita mendapatkan kebahagiaan dan kemuliaan hidup ini atas dasar petunjuk Al Qur’an yang mengandung pelajaran, rahmad dan obat penyembuh dari segala penyakit yang ada di dalam dada.

Berbicara tentang Al-Qur’an sebagai obat penyembuh tentu sangat berkaitan erat degan suatu penyakit tertentu. Jika ditelaah beberapa ayat Al-Qur’an dan Hadits Nabi yang berbicara tentang penyakit dan pengobatannya dapat dijelaskan dalam beberapa hal sebagai berikut, yaitu;

Halaman:

Editor: Antis Sholihatul Mardhiyah

Sumber: Suara Muhammadiyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X