Khutbah Jumat Idul Adha : Kesalahan - Kesalahan Dalam Ibadah Kurban

- Rabu, 22 Juni 2022 | 18:30 WIB
Ilustrasi khutbah jumat edisi Idul Adha atau hari raya kurban   (pixabay.com/@azamkamolov)
Ilustrasi khutbah jumat edisi Idul Adha atau hari raya kurban (pixabay.com/@azamkamolov)

 

 

JatimNetwork.com - Sebentar lagi umat muslim akan merayakan hari raya Idul Adha atau hari raya kurban.

Tentu dalam pelaksanaan Idul Adha atau hari raya Kurban akan disambut dengan sukacita.

Namun, dalam khutbah jumat kali ini khatib akan menjelaskan apa saja kesalahan - kesalahan yang biasa terjadi saat Idul Adha atau hari yara kurban.

Baca Juga: Download Naskah Khutbah Jumat Cocok Menjadi Pembelajaran Tentang Renungan Surat Al-Ashr

Dilansir JatimNetwork.com dari IKADI, berikut naskah khutbah jumat edisi Idul Adha tentang kesalahan - kesalahan dalam ibadah kurban.

اَلْحَمْدُ للهِ الَّذِي شَرَعَ لِعِبَادِهِ التَّقَرُّبَ إَلَيْهِ بِذَبْحِ الْقُرْبَان، وَقَرَنَ النَّحْرَ بِالصَّلَاةِ فِي مُحْكَمِ الْقُرْآنِ.
أَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ إلاَّ الله وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ ذُو الْفَضْلِ وَاْلاِمْتِنَان، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ أَفْضَلُ مَنْ قَامَ بِشَرَائِعِ اْلإِسْلاَمِ وَحَقَّقَ اْلإِيْمَان.
صَلَّى الله عَلَيْه، وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَان، وَسَلَّمَ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا.
أَمَّا بَعْد:
فَياَ عِبَادَ الله، أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِي بِتَقْوَى الله فَقَدْ فَازَ الْـمُتَّقُون، قَالَ تَعَالَى:
يَا أَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوا اتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ مُّسْلِمُوْنَ

Jamaah sholat Jumat rahimakumullah…

Marilah kita selalu meningkatkan ketakwaan kepada Allah ta’ala dengan menjalankan setiap perintah dan meninggalkan larangannya. Marilah kita senantiasa berusaha menggapai rahmat dan ridha Allah ta’ala, karena hanya dengan rahmat dan ridha-Nya, kita akan mampu menjalani kehidupan di dunia ini dengan mudah dan berkah.
Jamaah sholat Jumat rahimakumullah…
Bulan Dzulhijjah akan segera menjelang. Dan sebagaimana diketahui, terdapat amalan yang sangat mulia di bulan Dzulhijjah -selain dari ibadah haji-, yaitu ibadah qurban. Sebuah ibadah yang pertama kali disyariatkan kepada Nabi Ibrahim dan kemudian menjadi bagian dari syariat Nabi kita Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam. Sebuah ibadah yang menggabungkan dimensi ritual dan sosial. Dimensi ritual tersebut terdapat pada kerelaan untuk mengeluarkan harta yang dicintai untuk membeli hewan qurban dan kemudian menyembelihnya dan mempersembahkan hanya untuk Allah ta’ala. Sedangkan dimensi sosialnya terletak pada pembagian daging qurban kepada fakir miskin, tetangga dan kaum kerabat. Allah berfirman:

Halaman:

Editor: Ninik Kurnia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X