Teks Khutbah Jumat Dzulhijjah: Memaknai Haji di Kahidupan Sehari-hari

- Jumat, 1 Juli 2022 | 09:47 WIB
Khutbah Jumat dengan tema memaknai haji dalam kehidupan sehari-hari. (pexels/Kedar Bhave)
Khutbah Jumat dengan tema memaknai haji dalam kehidupan sehari-hari. (pexels/Kedar Bhave)

JatimNetwork.com - Berikut adalah khutbah Jumat bulan Dzulhijjah dengan tema memaknai haji dalam kehidupan sehari-hari.

Khutbah Jumat berikut bisa dijadikan rujukan bagi seseorang yang ditugaskan untuk membaca khutbah Jumat di bulan Dzulhijjah.

Tema khutbah Jumat yang relevan disampaikan pada bulan Dzulhijjah adalah seputar haji, mengingat bulan Dzulhijjah adalah bulan di mana umat muslim sedunia sedang melaksanakan haji.

Khutbah Jumat berikut menjelaskan tentang bagaimana memaknai haji dalam kehidupan nyata seperti hikmah-hikmah yang terkandung dalam setiap amalan haji.

Baca Juga: Amalan Agar Cepat Naik Haji! Begini Bacaan dan Cara Mengamalkannya Insya Allah Terkabul

Hikmah tersebut berupa hal-hal yang tersirat dalam amalan haji seperti Ihram, Wukuf, Romyul Jumroh dan ibadah-ibadah lainnya.

Khutbah Jumat dengan tema memaknai haji dalam kehidupan sehari-hari berikut dirilis JatimNetwork.com dari laman lirboyo.net.

الْحَمْدُ لِلّٰهِ الْمَلِكِ الدَّيَّانِ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى مُحَمَّدٍ سَيِّدِ وَلَدِ عَدْنَانَ، وَعَلَى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَتَابِعِيْهِ عَلَى مَرِّ الزَّمَانِ، وَأَشْهَدُ أَنْ لَّا إِلٰهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ الْمُنَـزَّهُ عَنِ الْجِسْمِيَّةِ وَالْجِهَةِ وَالزَّمَانِ وَالْمَكَانِ، وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الَّذِيْ كَانَ خُلُقُهُ الْقُرْآنَ أَمَّا بَعْدُ، عِبَادَ الرَّحْمٰنِ، فَإنِّي أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِي بِتَقْوَى اللهِ المَنَّانِ، الْقَائِلِ فِي كِتَابِهِ الْقُرْاٰنِ:
وَاَذِّنْ فِى النَّاسِ بِالْحَجِّ يَأْتُوْكَ رِجَالًا وَّعَلٰى كُلِّ ضَامِرٍ يَّأْتِيْنَ مِنْ كُلِّ فَجٍّ عَمِيْقٍۙ (الحج: ٢٧(

Ma’asyiral Muslimin rahimakumullah, Takwa adalah sebaik-baik bekal untuk meraih kebahagiaan abadi di akhirat. Oleh karena itu, khatib mengawali khutbah yang singkat ini dengan wasiat takwa. Marilah kita semua selalu meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah subhanahu wata’ala dengan melaksanakan semua kewajiban dan meninggalkan segenap larangan.

Halaman:

Editor: Aly Reza

Sumber: lirboyo.net

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X