Khutbah Jumat Singkat Padat Jelas Terbaru 2022, dengan Tema Bicara Tanpa Pahala

- Jumat, 23 September 2022 | 12:25 WIB
Ilustrasi. Khutbah Jumat Singkat Padat Jelas Terbaru 2022, dengan Tema Bicara Tanpa Pahala. (Pixabay/SyauqiFillah)
Ilustrasi. Khutbah Jumat Singkat Padat Jelas Terbaru 2022, dengan Tema Bicara Tanpa Pahala. (Pixabay/SyauqiFillah)

JatimNetwork.com - Dalam sholat Jumat terdapat khutbah yang disampaikan oleh seorang khatib sebelum mengerjakan sholat Jumat.

Khutbah Jumat yang dimiliki seorang khatib harus mempunyai dasar-dasar yang dapat dipegang, agar khutbah yang disampaikan dapat berlangsung dengan lancar dan berhasil dengan baik.

Khutbah kali ini mengangkat tema Bicara Tanpa Pahala.

Dilansir JatimNetwork.com dari laman KhotbahJumat.com, berikut naskah lengkapnya :

Khutbah Pertama

إِنَّ الحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَتُوْبُ إِلَيْهِ ، وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَسَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا ، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلَا مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلَا هَادِيَ لَهُ ، وَأَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّداً عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ ؛ صَلَّى اللهُ وَسَلَّمَ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ

أَمَّا بَعْدُ مَعَاشِرَ المُؤْمِنِيْنَ عِبَادَ اللهِ : اِتَّقُوْا اللهَ ؛ فَإِنَّ مَنِ اتَّقَى اللهَ وَقَاهُ وَأَرْشَدَهُ إِلَى خَيْرِ دِيْنِهِ وَدُنْيَاهُ .

Ibadallah,

Waktu adalah modal untuk melakukan amal shalih. Orang yang mengerti hakikat ini, maka dia tidak akan menggunakannya kecuali untuk perkara yang bermanfaat. Dia akan berusaha memanfaatkan segala potensi diri untuk mendapatkan pahala sebanyak mungkin. Diantara yang bisa mudah dimanfaatkan untuk menabung bekal di sisi Allah Azza wa Jalla adalah lidah. Dengan lidah, seseorang bisa berdzikir dan saling nasihat-menasihati sehingga meraih banyak pahala. Namun sebaliknya, lidah juga bisa mengakibatkan dosa dan menyeret seseorang ke neraka, jika tidak dimanfaatkan untuk kebaikan. Kesadaran seseorang terhadap fungsi dan bahaya lisan ini akan mendorong dirinya untuk menjaga lidah, tidak berbicara kecuali yang bermanfaat.

Halaman:

Editor: Amelia Putri Nuryanti

Sumber: KhotbahJumat.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X