Kabar Gembira! Kemenag Cairkan Rp381 Miliar BOP untuk 28 Ribu Lebih Raudlatul Athfal

- Jumat, 24 Maret 2023 | 16:55 WIB
Foto Ilustrasi peserta didik Raudlatul Athfal (kemenag.go.id)
Foto Ilustrasi peserta didik Raudlatul Athfal (kemenag.go.id)

JatimNetwork.com - Kabar baik untuk para penyelenggara Raudlatul Athfal (RA). Karena Bantuan Operasional Penyelenggaraan BOP-RA Tahun 2023 akan segera cair.

Dirjen Pendidikan Islam M.Ali Ramdhani mengungkapkan pihaknya sedang memproses pencairan dana (BOP-RA) ini mulai dua pekan yang lalu.

Apabila Bantuan Operasional Sekolah atau (BOS) disediakan bagi pendidikan dasar dan juga menengah, BOP itu sendiri khusus untuk RA. Yakni, lembaga pendidikan yang setara dengan Taman Kanak-kanak yang menjadi naungan Kementerian Agama.

Baca Juga: Jam Berapa Magrib di Malang Hari Ini? Inilah Jadwal Buka Puasa Selama Satu Bulan Ramadhan 2023 versi Kemenag

Anggaran yang berjumlah Rp381 miliar itu sudah berada di rekening bank penyalur atau (RPL). Pihak dari RA juga sudah bisa mulai memproses pencairan dananya sesuai dengan juknis yang sudah diterbitkan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, ungkap Kang Dhani, sapaan akrabnya di Jakarta, Jumat 24 Maret 2023.

Menurutnya, proses yang saat ini tengah berjalan merupakan salah satu pencairan BOP RA tahapan I. Anggaran itu akan disediakan bagi 28.841 RA seluruh Indonesia.

Direktur Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan KSKK Madrasah M.Isom mengatakan, ketika pencairan tahap I nanti, BOP akan dicairkan untuk 1.270.963 seluruh siswa RA. Unit kost BOP ini sebesar enam ratus ribu per siswa sebagaimana unit cost pada tahun sebelumnya.

Baca Juga: Kapan Buka Puasa untuk Daerah Surabaya dan Sekitarnya Selama Bulan Ramadhan? Ini Jadwal Terbaru dari Kemenag

Syarat untuk mendapatkan dana ini, setiap RA harus mengikuti mekanisme yang telah diterangkan dalam Pedoman, mulai dari mengunggah berkas administrasi, verifikasi, hingga tahap teknis pencairan di bank.

Kemudian dikatakan oleh Isom, pada tahun 2023, total ada sebanyak 1.270.963 siswa calon penerima (BOP-RA). Proses pencairan tersebut akan dilakukan dalam dua tahap.

Pihak mereka sedang berupaya agar percairan BOP Tahap I ini semuanya selesai tepat waktu sebelum libur lebaran.

Baca Juga: Kapan Maghrib Daerah Denpasar? Cek Jadwal Buka Puasa Ramadhan Kota Ini Jumat, 24 Maret 2023 dari Kemenag

Papay Supriatna sebagai Kepala Subdit Kelembagaan dan Kerja Sama pada Direktorat KSKK Madrasah, dan juga sebagai penanggung jawab dalam pengelolaan dana BOP-RA ini menerangkan, jika pihaknya nanti akan berkomitmen untuk gencar meningkatkan suatu layanan termasuk salah satunya dalam upaya pencairan (BOP).

Karena, dana BOP itu merupakan sumber pembiayaan mutlak untuk pelaksanan pembelajaran di tingkat RA.

Halaman:

Editor: Antis Sholihatul Mardhiyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X