Samsung Memperluas Jangkauan Teknologi Memori Berbasis CXL dengan Kapasitas Terbesar dan Pertama Di Dunia

- Rabu, 18 Mei 2022 | 07:23 WIB
Samsung Memperluas Jangkauan Teknologi Memori Berbasis CXL dengan Kapasitas Terbesar dan Pertama Di Dunia./Pixabay/LeeJeongSoo
Samsung Memperluas Jangkauan Teknologi Memori Berbasis CXL dengan Kapasitas Terbesar dan Pertama Di Dunia./Pixabay/LeeJeongSoo



JatimNetwork.com - Samsung Electronics kembali membuat gebrakan dengan membuat sebuah teknologi yang memungkinkan terciptanya kapasitas memori yang lebih tinggi.

Dilansir oleh JatimNetwork.com dari laman Korea Herald, Samsung tengah mengembangkan modul DRAM Compute Express Link atau disingkat CXL yang memiliki kapasitas sebesar 152 Gigabyte pertama di dunia!

Ekspander memori DRAM standar CXL akan memungkinkan platform server di pusat data dan server perusahaan untuk menambahkan lapisan baru kapasitas memori jangka pendek yang kompatibel dengan chip prosesor tanpa biaya dan kerumitan yang tidak perlu.

Desain chip konvensional berbasis DDR, tanpa antarmuka memori CXL yang saling terhubung dengan chip memori DDR.

Baca Juga: Link Cerita Asli Kembang Laruk oleh SimpleMan, Lebih Menyeramkan dari KKN di Desa Penari

Dibandingkan dengan arsitektur chip yang hanya terdiri dari chip memori, di bawah standar seperti Double Data Rate 5.

Hal ini memungkinkan ada pemangkasan kapasitas memori hingga dalam kisaran puluhan terabyte menurut Samsung pada media.

Raksasa teknologi Korea Selatan tersebut mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa chip memori berbasis CXL adalah kunci bagi server untuk menangani beban kerja data metaverse, AI dan data-data besar lainnya.

"CXL DRAM akan menjadi titik balik penting untuk struktur komputasi masa depan dengan secara substansial memajukan AI dan layanan data besar," kata Park Cheol-min, wakil presiden bidang penjualan dan pemasaran memori skala global Samsung Electronics.

Baca Juga: 13 Daftar Pemain Film Srimulat: Hil yang Mustahal, Segera Tayang di Bioskop, Ada Nama Asli Gepeng, Tessy,...

Dirinya menambahkan jika Samsung Electronics secara agresif ingin memperluas penggunaannya dalam arsitektur memori termasuk untuk memori yang digunakan dalam perangkat lunak.

Peluncuran ini merupakan langkah pendahuluan yang agresif sebelum platform server generasi berikutnya muncul.

Menurut Samsung yang merupakan produsen pembuat chip  memori No.1 di dunia ini, pengambilan sampel untuk chip DRAM berbasis CXL sebesar 512 gigabyte ini akan diambil dari evaluasi pelanggan dan mitra yang dilakukan dengan pengujian bersama pada kuartal ketiga.

Mitra Samsung yang berinisiatif untuk ikut berpartisipasi antara lain Lenovo dan Montage.

Baca Juga: 12 Contoh Tema Kultum atau Ceramah Singkat Jelang Akhir Ramadhan 2022, 10 Hari Terakhir sampai 1 Syawal

Sejak 2019, Samsung memang sudah berkolaborasi dengan pembuat data center, server dan chipset untuk pengembangan teknologi antarmuka pada generasi berikutnya.

Hal ini diwujudkan dengan membentuk Konsorsium CXL dan Samsung's Park adalah anggota Dewan Direksi Konsorsium CXL tersebut.

Produk baru yang diluncurkan pada hari Selasa, 10 Mei 2022 lalu memiliki kapasitas memori empat kali lipat dan latensi sistem seperlima dari penawaran CXL Samsung sebelumnya.

Dan Samsung sendiri adalah pembuat chip pertama yang meluncurkan chip berbasis CXL di industri pada tahun 2021.***

Editor: Teguh Santoso

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X