Pengamat Sarankan KIB Untuk Majukan Capres dari Hasil Konvensi: Menjadi Daya Tarik

- Rabu, 5 Oktober 2022 | 18:18 WIB
Pengamat Sarankan KIB Untuk Majukan Capres dari Hasil Konvensi (Instagram.com/@zul.hasan)
Pengamat Sarankan KIB Untuk Majukan Capres dari Hasil Konvensi (Instagram.com/@zul.hasan)

 

JatimNetwork.com - Belum lama ini Partai Nasdem mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden (Bacapres).

Mengetahui langkah langkah dari partai Nasdem, lantas tak membuat KIB terburu-buru dalam mendeklarasikan Bacapres yang diusung.

Menanggapi sikap yang diambil KIB, lantas Direktur Eksekutif Indonesian Presidential Studies (IPS) Nyarwi Ahmad meny menyarankan KIB bisa melakukan konvensi atau mencalonkan sosok dari kalangan sendiri.

Baca Juga: Sudah Kantongi Tiket Pilpres, KIB Pilih Tidak Terburu-buru Dalam Mendeklarasikan Bacapres

Selain itu, ia menilai bahwa dinamika politik dalam tubuh Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) masih sangat longgar dan dinamis.

“Kenapa KIB tidak adakan konvensi mencari capres cawapres potensial? bisa menjaring atau menentukan sosok capres yang menjadi daya tarik, ini menjadi apa yang ditawarkan KIB. Entah dari salah satu ketua partai misalnya Pak Airlangga.” kata Nyarwi saat berbincang hari ini (5/10).

Tiga parpol anggota KIB, yaitu Partai Golkar, PPP dan PAN tengah intensif melakukan pendekatan ke sejumlah partai. Wakil Ketua DPP PPP Arsul Sani mengatakan, pihaknya akan mengevaluasi keberadaan PPP di koalisi dan terbaru, mengajak Demokrat bergabung ke KIB.

Baca Juga: Penentuan Kandidat Capres dan Cawapres Jadi Ujian Bagi KIB

“Kecenderungannya, apa yang daya tarik KIB sehingga Demokrat atau partai lain mau bergabung. Kalau dilihat kan KIB kan cukup solid, cukup untuk mengusung kandidasi pasangan capres cawapres, memenuhi kriteria presidential threshold.” sebut Nyarwi.

Halaman:

Editor: Antis Sholihatul Mardhiyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X