KLATEN dan BOYOLALI Gabung ke Provinsi D.I Surakarta? Inilah 7 Daerah Diisukan akan Pisah dari Jawa Tengah

- Senin, 23 Januari 2023 | 19:34 WIB
Peta Provinsi Jawa Tengah (Jateng) (petabahasa.kemdikbud.go.id)
Peta Provinsi Jawa Tengah (Jateng) (petabahasa.kemdikbud.go.id)

JatimNetwork.com – Mencuat isu tentang pemekaran wilayah di Provinsi Jawa Tengah, provinsi ini diisukan akan dimekarkan menjadi 3 provinsi baru.

Perlu diketahui bahwa Provinsi Jawa Tengah terdiri dari 29 kabupaten dan 6 kota, ibu kotanya berada di Kota Semarang.

Provinsi Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang letaknya di Pulau Jawa, pulau ini dikenal dengan penduduknya yang sangat ramai.

Baca Juga: Isu 9 Wilayah yang Gabung Jadi Provinsi Baru dari Hasil Pemekaran Jawa Tengah, Serius?

Pulau Jawa terdiri dari 6 provinsi, namun beredar isu bahwa akan ada pemekaran wilayah di Pulau Jawa menjadi beberapa provinsi baru.

Termasuk Provinsi Jawa Tengah yang diisukan akan membentuk 3 provinsi baru, salah satu dari provinsi baru tersebut yaitu Provinsi D.I Surakarta.

Tentunya ada beberapa kabupaten/kota yang diwacanakan akan pisah dari Jawa Tengah dan bergabung ke provinsi baru yang bernama D.I Surakarta. Termasuk Kabupaten Klaten dan Kabupaten Boyolali

Baca Juga: Purwokerto Diisukan Jadi Kabupaten Baru di Jawa Tengah, Kota Satria Ini Bakal Saingi Banyumas, Sejak Kapan?

Dikutip JatimNetwork.com dari kanal YouTube Mahasiswa Geografi diunggah pada 4 Februari 2022, Provinsi D.I Surakarta merupakan salah satu provinsi baru yang diisukan akan dimekarkan dari Provinsi Jawa Tengah.

Provinsi D.I Surakarta direncanakan akan memiliki 6 kabupaten dan 1 kota, satu-satunya kota tersebut akan dijadikan wilayah ibu kotanya.

Halaman:

Editor: Siti Maghfiroh

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X