Perhatian! STNK Mati Dua Tahun Kendaraan Dianggap Bodong dan Ilegal Dikendarai di Jalan Raya

- Jumat, 29 Juli 2022 | 21:55 WIB
Ilustrasi, kendaraan dengan STNK mati selama dua tahun datanya akan dihapus dan kendaraan dianggap bodong. (Freepik.com)
Ilustrasi, kendaraan dengan STNK mati selama dua tahun datanya akan dihapus dan kendaraan dianggap bodong. (Freepik.com)

JatimNetwork.com – Penghapusan data kendaraan yang Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) telah mati pajak selama dua tahun akan segera dilakukan oleh Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri.

Dampak dari adanya penghapusan data kendaraan tersebut maka kendaraan yang mati pajaknya selama dua tahun akan dianggap bodong dan ilegal untuk dikendarai di jalan raya.

Penghapusan data kendaraan dengan STNK mati selama dua tahun itu sendiri merupakan implementasi dari Pasal 74 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

Baca Juga: Ini Manfaat Minum Susu Putih Awal Tahun 1 Muharram 1444 Amalan dari Abuya Sayyid Muhammad bin Alawi Al-Maliki

Selain itu dengan aturan penghapusan data kendaraan yang mati pajaknya selama dua tahun diharapkan masyarakat akan lebih taat dalam membayar pajak kendaraan.

Keterangan mengenai penghapusan data kendaraan yang STNK-nya mati pajaknya selama dua tahun tersebut disampaikan langsung Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi sebagaimana yang di lansir JatimNetwork.com dari laman PMJNews.

Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi dalam keterangannya mengatakan bahwa aturan penghapusan data kendaraan yang mati pajak STNK selama dua tahun akan secepatnya diberlakukan, karena aturan itu sudah ada sejak 2009 di Undang-Undang.

Irjen Pol Firman menjelaskan jika nanti aturan penghapusan data tersebut telah diberlakukan, maka kendaraan yang pajaknya mati selama dua tahun akan dianggap bodong.

Baca Juga: Ternyata Malam 1 Suro Beda dengan 1 Muharram? Simak Letak Perbedaannya di Sini

Halaman:

Editor: Tedi Rukmana

Sumber: pmjnews.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sunroof, Moonroof, Panorama Roof, Apa Bedanya ?

Selasa, 27 September 2022 | 14:53 WIB

Tanda-tanda Koil Mulai Lemah pada Mobil

Senin, 26 September 2022 | 18:22 WIB

Oli Mobil Cepat Berkurang, Mungkin Ini Penyebabnya

Senin, 26 September 2022 | 14:23 WIB

Inilah Keunggulan Mobil Hybrid, Lebih Ramah Lingkungan

Kamis, 22 September 2022 | 20:02 WIB
X