5 Tips Merawat Shockbreaker Motor Agar Tidak Cepat Rusak, Lakukan Biar Selalu Aman dan Nyaman Saat Berkendara

- Rabu, 25 Agustus 2021 | 06:35 WIB
Ilustrasi shockbreaker motor. (Dok.PT Daya Adicipta Motora)
Ilustrasi shockbreaker motor. (Dok.PT Daya Adicipta Motora)

JatimNetwork.com - Shockbreaker atau suspensi pada motor memiliki peran sangat vital untuk memberikan kenyamanan dan kestabilan saat berkendara dalam segala kondisi. Baik saat jalan pelan, cepat, bahkan ketika bermanuver.

Hal tersebut seperti keterangan dari Ade Rohman selaku Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora dilansir dari Pikiran Rakyat dalam artikel berjudul, "Tips Menjaga Shockbreaker Motor Agar Tetap dalam Kondisi Prima".

Baca Juga: Harga dan Spesifikasi Hyundai Staria yang Baru Rilis di Indonesia, Lebih Murah dan Lebih Gahar dari Alphard?

Karena pada prinsipnya shockbreaker memiliki fungsi penting untuk meredam getaran saat melewati jalan berbatu, jalan tidak rata atau rusak, hingga tanjakan.

Maka dari itu penting kiranya menjaga shocbreaker agar tidak cepat rusak. Sebab jika rusak maka akan membuat berkendara menjadi tidak nyaman dan bahkan bisa membahayakan.

Baca Juga: Ternyata Begini Cara Kerja Pendingin Udara atau AC pada Mobil

Berikut ini adalah tips menjaga shockbreaker motor agar tidak cepat rusak:

1.  Rutin Dibersihkan

Kotoran yang menempel pada area kerja shockbreaker bisa membuat seal atau karet dan piston shockbreaker rusak. Kerusakan pada bagian ini bisa menyebabkan oli suspensi bocor. Dampak yang ditimbulkan akibat kebocoran oli akan mengurangi tingkat kenyamanan berkendara dan berpotensi menimbulkan terjadinya kecelakaan.

Halaman:

Editor: Aly Reza

Sumber: PikiranRakyat.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X