Pengertian, Syarat, dan Ciri Kalimat Efektif

- Sabtu, 21 Mei 2022 | 14:08 WIB
Ilustrasi siswa belajar tentang kalimat efektif (Pexel/Eleazar Ceballos)
Ilustrasi siswa belajar tentang kalimat efektif (Pexel/Eleazar Ceballos)

JatimNetwork.com - Apakah kamu sudah mengetahui cara menulis kalimat efektif? Menulis kalimat efektif untuk tersampaikan maknanya sebenarnya tidaklah sulit apabila kita mengetahui ciri-ciri kalimat efektif yang benar.

Pengertian Kalimat Efektif

Kalimat adalah satuan bahasa terkecil untuk menyampaikan suatu gagasan atau ide. Ada berbagai jenis kalimat yang umumnya digunakan pada penulisan gagasan bahasa Indonesia, salah satunya yaitu kalimat efektif.

Kalimat efektif adalah kalimat yang disusun berdasarkan unsur-unsur penting dan kaidah yang berlaku dalam suatu kalimat, memperhatikan EYD, dan pemilihan kata yang tepat. Dengan demikian maka kalimat pun akan lebih mudah dipahami oleh pembaca.

Baca Juga: Kumpulan Kosa Kata Tahun Baru Imlek 2022: Teks Kosa Kata Mandarin Lengkap dengan Artinya

Syarat Menjadi Kalimat Efektif

· Tidak Ada Subjek Ganda

Kalimat menjadi tidak efektif dapat diidentifikasi dengan melihat subjeknya. jika dalam kalimat terdapat subjek ganda, maka bisa membuat kalimat tersebut menjadi tidak terfokus.

Hal inilah yang menyebabkan makna dari suatu kalimat kemudian sulit dipahami. Oleh karenanya, Salah satu syarat sebuah kalimat efektif yaitu tidak ada subjek ganda di dalamnya.

Halaman:

Editor: Antis Sholihatul Mardhiyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X